Jika kamu sekarang sudah duduk kelas 12 SMA maka kamu harus mengetahui buku bacaan apa saja yang wajib kamu baca setiap hari. Karena dengan buku bacaan tersebut bisa menunjang masa depan kamu setelah lulus SMA nanti baik ingin melanjutkan kuliah, kerja ataupun mengikuti kursus.

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui bacaan wajib buat kamu kelas 12 SMA sehingga bisa lebih mengetahui masa depan kamu nantinya akan menuju kemana. Karena di kelas 12 SMA bukan lagi waktunya untuk bersenang-senang di dunia sekolah, karena kamu harus mempersiapkan diri dengan lebih baik.

1. Jadwal UN

Mungkin di tahun 2020 jadwal UN telah dihapuskan karena adanya pandemi COVID-19, tapi untuk kamu yang sekarang sudah naik ke kelas 12 SMA kamu tidak bisa mengacu UN tahun 2020 untuk bersantai-santai karena UN dihapuskan.

Karena pada giliranmu di tahun 2021 ada kemungkinan UN akan kembali diadakan jika kondisi pandemi Covid-19 sudah normal. Jadi, kamu tetap harus memantau terus kapan jadwal UN akan diadakan. Sehingga kamu bisa mempersiapkan proses belajar untuk menghadapi ujian nasional dengan lebih baik.

2. Informasi SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini adalah proses seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Jadi mulai sekarang kamu harus banyak-banyak membaca informasi tentang persyaratan, program studi dan jadwal SNMPTN terbaru. Sehingga dengan mengetahui informasi tersebut kamu bisa lebih siap dibandingkan dengan siswa lainnya ketika bercita-cita masuk ke perguruan tinggi negeri.

3. Informasi SBMPTN

Selain SNMPTN, mencari informasi tentang SBMPTN juga merupakan bacaan wajib buat kamu kelas 12 SMA. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini juga memiliki beberapa perysaratan yang harus kamu ketahui dan jadwalnya juga berbeda dengan proses seleksi SNMPTN.

Jadi mulai sekarang kamu wajib mencari bacaan tentang tips untuk lolos SBMPTN, contoh soal SBMPTN dan hal lain yang berkaitan tentang SBMPTN jika kamu ingin masuk ke PTN favoritmu.

4. Ujian Mandiri

Selain kamu harus membaca informasi tentang SNMPTN dan SBMPTN, kamu juga wajib mencari bacaan tentang Ujian Mandiri.

Ujian Mandiri atau Ujian Mandiri Premium ini juga merupakan peluang yang tidak boleh kamu lewatkan ketika ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Apalagi ketika kamu tidak dinyatakan lolos SNMPTN dan SBMPTN, kamu jangan bekecil hati karena masih ada peluang lain dengan mengikuti Ujian Mandiri atau Ujian Mandiri Premium ini.

5. Seminar

Kamu juga harus sering membaca tentang diadakanya sebuah seminar UNBK, SNMPTN dan SBMPTN. Karena disini kamu akan memiliki informasi tentang bagaimana cara untuk sukses dalam melaksanakan UNBK, dan tentang berbagai tips lolos SNMPTN dan SBMPTN.

6. Kursus

Selain seminar, kamu juga bisa mengikuti berbagai kursus yang sering diadakan oleh bimbel. Kamu bisa mebaca-baca tentang informasi kursus terbaik yang bisa mengajarkan kamu untuk bagaimana lolos SNMPTN dan SBMPTN.

7. Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik

Bacaan wajib buat kamu kelas 12 SMA selanjutnya adalah mencari informasi daftar perguruan tinggi atau PTN terbaik manakah yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan sekolah setelah SMA. Dengan mengetahui beberapa perguruan tinggi negeri terbaik ini, kamu bisa menyeleksi jurusan yang kamu minati, bagaimana tingkat persaingannya dan prospek setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut apakah memiliki nilai lebih dibanding pelamar kerja lainnya setelah kamu lulus dari perguruan tinggi negeri tersebut.

bagikan

Leave a Comment