Apakah kamu ingin tahu Cara agar Nilai Raport Meningkat dari Kelas 1 s/d Kelas 3 SMA? Tentunya memiliki nilai rapot yang terus meningkat di jenjang SMA bisa membuat kedua orang tua bangga dan kamu sendiri juga akan menjadi anak yang berprestasi disekolah.

Dengan adanya peningkatan nilai dari kelas 1, ke kelas 2 dan terakhir ke kelas 3 SMA juga bermanfaat untuk kamu yang ingin meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Dengan adanya peningkatan nilai rapot ini, akan menjadikan nilai plus dari pihak sekolah yang akan merekomendasikan kamu untuk mendapatkan beasiswa masuk ke peguruan tinggi melalui jalur prestasi loh.

Jadi untuk kamu yang ingin menjadi anak beprestasi di SMA, kamu bisa membaca beberapa tips dan cara agar nilai raport meningkat dari kelas 1 s/d kelas 3 SMA dengan menerapkan beberapa tips berikut.

1. Merubah Pola Pikir

Cara agar nilai raport meningkat dari kelas 1 s/d kelas 3 yang pertama kamu harus merubah pola pikir kamu mulai dari kamu masuk ke SMA. Saat pertama kamu masuk ke SMA tanamlah pola pikir bahwa kamu harus menjadi siswa yang berprestasi di SMA dan bisa menjadi siswa yang terpintar di sekolah.

Dengan menerapkan mindset seperti ini, jelas dari awal kamu masuk SMA kamu memiliki tujuan untuk selalu menjadi Ranking 1 di Kelas bahkan mungkin target kamu bisa sampai Rangking 1 Paralel mengalahkan siswa di kelas lainnya. Jadi mulai sekarang kamu siapkan selembar kertas dan tulislah tujuanmu di kertas tersebut dan tempelkan di depan meja belajar. Sehingga ketika kamu SMA memiliki tujuan belajar yang jelas, dan kamu akan terus termotivasi dan diingatkan dengan adanya tulisan tujuan tersebut setiap harinya.

2. Berlajar Dengan Tekun

Untuk menjadi siswa yang berprestasi tentunya kamu setiap hari harus menerapkan disiplin belajar dengan belajar dengan tekun. Kamu bisa mengatur jadwal belajar dengan baik, misalnya jam 7 malam sampai jam 8 malam untuk belajar matematika, di jam 8 malam sampai jam 9 malam mencoba mengerjakan latihan soal.

Dengan menerapkan metode ini, pastinya akan membuat kamu lebih memahami mata pelajaran yang ingin kamu pelajari lebih mendalam dan kamu juga menjadi bisa memecahkan latihan soal-soal yang telah kamu pelajari sebelumnya.

3. Mengatur Waktu Belajar Dengan Baik

Masih berhubungan dengan tips kedua, disini kamu harus pintar-pintar mengatur waktu belajar dengan baik. Kamu bisa menerapkan cara yang telah kami jelaskan diatas. 1 Jam pertama untuk belajar dan 1 jam berikutnya untuk mencoba mengerjakan latihan soal.

Tapi dalam mengatur waktu belajar ini, kamupun jangan sampai lupa untuk menerapkan waktu istirahat saat belajar. Selain belajar sebagai pelajar kita juga pastinya membutuhkan waktu untuk bermain dan bersantai, karena ketika kita fokus belajar terus setiap haripun bisa membuat otak menjadi stress. Padahal belajar yang efektif adalah belajar dengan kondisi yang rileks dan menyenangkan.

4. Buat Kamar dan Meja Belajar Senyaman Mungkin

Membuat kamar dan meja belajar menjadi nyaman merupakan salah satu cara agar nilai raport meningkat dari kelas 1 s/d kelas 3 SMA. Karena dengan memiliki kamar dan meja belajar yang nyaman kamu akan belajar dengan kondisi yang tenang dan rileks.

Pastikan saat proses belajar seluruh gadget baik kamputer, laptop dan smartphone tidak kamu aktifkan. Sehingga proses belajar di rumah menjadi lebih efektif tanpa adanya gangguan.

5. Bertanya Jika Ada Yang Belum Paham

Selanjutnya tips yang tidak boleh kamu abaikan bertanya jika ada yang belum paham saat belajar. Jika kamu saat sedang belajar ada beberapa materi yang tidak bisa kamu pahami sendiri, kamu bisa meminta bantuan orang tua, kaka ataupun guru ataupun tutor bimbel online atau offline. Jadi, kamu bisa memencahkan soal atau materi tersebut dengan lebih baik.

bagikan

Leave a Comment