Pola belajar saat sekolah dan kuliah memang berbeda. Hal ini membuat mahasiswa baru mungkin ingin menyesuaikan pola pola belajarnya. Mereka mungkin bisa merubah pola belajar yang lama. Misalnya mulai belajar lebih tekun, belajar di tempat yang tenang, bersikap positif, kejar target lebih spesifik dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa cara membentuk kebiasaan belajar yang baik semasa kuliah terutama untuk mahasiswa baru.

1. Menetapkan cara belajar yang bermanfaat

Jika anda mahasiswa baru yang mengetahui cara membentuk kebiasaan belajar yang baik semasa kuliah, anda bisa memulainya dengan memilih tempat tepat untuk belajar. Bisa dimana saja, di kos, asrama atau di kampus asalkan bisa konsentrasi. Dengan membiasakan belajar di tempat yang sama dengan waktu yang terjadwal akan melatih kita untuk bisa mengasosiasikan dengan lingkungan yang akan menunjang proses belajar dengan baik.

Dengan cara ini, anda merasa lebih fokus dan nyaman belajar. Anda bisa belajar di tempat bebas gangguan dan tenang. Untuk mahasiswa tinggal di asrama misalnya, sebaiknya belajar di kamar masing masing agar bebas gangguan.

2. Membuat Jadwal Belajar

Untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik, selanjutnya anda bisa biasakan untuk membuat jadwal belajar. Anda perlu membiasakan diri belajar di saat sama setiap hari. Atur jadwal aktifitas anda dan gunakan setidaknya 1 atau dua jam untuk belajar sertiap harinya. Selagi menunggu mata kuliah berikutnya, kita bisa gunakan waktu tersebut untuk belajar mata kuliah berikutnya atau kalian bisa menyesuaikan waktu belajar tertarur di malam hari. Namun jangan lupa atur waktu anda untuk beristirahat, bersosialisasi dan waktu lainya agar tetap seimbang.

3. Membiasakan Merapikan Perlengkapan Belajar

Usahakan agar perlengkapan belajar tetap dalam kondisi rapih. Pastikan seluruh kebutuhan untuk belajar berada di tempatnya sebagaimana mestinya. Letakan pulpen, buku, pensil dan perlengkapan belajar lainya di meja belajar jika anda belajar di rumah. Jika belajar di luar rumah, anda bisa gunakan tas ukuran besar untuk simpan buku pelajaran dan perlengkapan belajar lainya. Pastikan semua tersimpan rapi.

4. Jauhkan dari yang bisa alihkan perhatian dan fokus

Sebisa mungkin jauhkan hal atau benda yang dapat mengalihkan fokus anda seperti gadget atau hal apa saja yang tidak ada kaitanya dengan pelajaran. Dengan cara ini, anda akan mudah konsentrasi tanpa terganggu hal tidak perlu. Jika terpaksa gunakan ponsel, jangan main media sosial. Anda bisa menggunakan mode pesawat, atau blokir web yang berpotensi ganggu belajar anda. Hindari juga mendengarkan suara suara bising seperti menyetel lagu terlalu keras dan sebagainya.

5. Pilih waktu tempat belajar paling tepat

Bereksperimen lah dengan memilih tempat belajar paling tepat. Mahasiswa baru belum sepenuhnya bisa langsung menentukan tempat yang pas untuk belajar. Maka, cobalah untuk belajar di beberapa tempat sampai akhirnya menemukan yang paling cocok. Atur waktu juga. Karena masih baru, anda juga mesti sesuaikan waktu kapan anda produktif belajar. Coba cara ini selama beberapa waktu sampai anda benar benar menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk belajar.

Itulah beberapa cara membentuk kebiasaan belajar yang baik ketika kuliah agar bisa mendapatkan nilai mata IPK yang tinggi. Apalagi jika anda mahasiswa baru, membentuk pola belajar sejak awal masuk kuliah sangat penting agar nantinya anda dapat belajar maksimal untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi.

bagikan

Leave a Comment