Berkuliah diluar negeri bisa menjadi nilai plus bagi mereka yang bisa merasakannya, akan tetapi biaya yang tidak sedikit itu bisa jadi merupakan kendala utama seseorang untuk mengambil studynya diluar negeri. Beasiswa merupakan salah satu cara yang bisa kamu cari untuk dapat berkuliah di luar negeri, dibawah ini merupakan beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri.

1. Bertanya kepada teman, rekan atau saudara.

Cara pertama untuk mendapatkan informasi beasiswa adalah dengan menanyakan hal tersebut kepada teman, rekan dan saudara. Jika dalam lingkup aktifitasmu ada seseorang yang berkuliah diluar negeri, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada teman atau saudara atau keluarganya. Jika dikalkulasi, biaya kuliah diluar negeri memang jauh lebih besar daripada di dalam negeri. Akan tetapi biasanya akan tetap ada peluang untuk dapat menempuh kuliah secara gratis.

Baik pemerintah Indonesia, universitas luar negeri, maupun beberapa lembaga yang bersifat foundation selalu membuka peluang beasiswa pendidikan gratis bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya. Pendaftaran beasiswa ini juga dibuka regular setiap satu tahun sekali pada bulan-bulan tertentu, khususnya ada pada bulan sebelum penerimaan mahasiswa baru dalam sebuah kampus.

2. Mencari informasi beasiswa melalui laman web

Cara kedua adalah dengan mencari informasi dari internet, cara ini sudah tidak dapat lagi dihindari bagi seseorang yang menginginkan kuliah dengan biaya gratis diluar negeri. Kamu bisa mengakses web web resmi baik itu milik pemerintah, lembaga pendidikan tinggi atau kampus, hingga lembaga foundation. Berbagai tawaran beasiswa biasanya muncul dalam laman web resmi tersebut, pelajari, pahami dan teliti lebih lanjut bagaimana cara mendapatkan beasiswanya beserta syarat-syaratnya.

Salah satu contoh bea kuliah gratis yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada rakyatnya adalah beasiswa yang dikelola oleh lembaga pengelola dana pendidikan dari kementrian keuangan. Banyak pilihan beasiswa untuk lulusan s1 dan s2 yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Beasiswa Fulbright, beasiswa ini diluncurkan berkat hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan negara Amerika, khususnya adalah pertukaran pelajar Indonesia dan Amerika atau lebih dikenal dengan AMINEF. Beasiswa ini juga dikususkan bagi lulusan s1 dan s2 baik dalam maupun luar negeri.

Beasiswa dari berbagai Foundation, Gates Cambridge merupakan salah satu lembaga foundation yang menawarkan beasiswa gratis bagi calon mahasiswa  yang akan menempuh master dan doctoral. Jika dinilai rata-rata beasiswa yang ditawarkan oleh foundation ini sangat tinggi dibandingkan dengan beasiswa lain, konsekuensinya adalah para pemburu beasiswa harus mampu bersaing dengan puluhan ribu calon pelamar dan hanya diambil sekitar 100 orang saja.  

3. Mengasah kemapuan berbahasa Inggris

Cara ketiga adalah dengan selalu mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu, baik itu verbal maupun writing. Bahasa merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang jika ingin menempuh pendidikan diluar negeri, karena tidak akan mungkin jika kamu terus menerus menggunakan bahasa isyarat saat berbicara dengan dosen maupun rekan kuliah hinggawarga sekitarmu. Untuk itulah sebaiknya kamu mulai mengasah kemampuan berbahasamu.

Syarat lain adalah dengan mengikuti test atau sertifikasi bahasa, baik TOEFL, TOEIC, maupun TOAFL, karena salah satu bukti bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa inggris dapat diukur dari hasil test tersebut. Beberapa syarat lain adalah adanya curriculum vitae yang jelas, serta mampu menulis essay dengan tata bahasa yang baik dan menarik sehingga dapat menjadi nilai plus bagi dirimu sendiri. Meskipun kebanyakan tawaran beasiswa diatas lebih banyak diperuntukkan bagi lulusan s1 atau s2, bagi lulusan SMA atau SMK juga masih memiliki peluang untuk dapat berkuliah di luar negeri. Pemberi beasiswa juga hampir sama, baik pemerintah, lembaga pengelola keuangan, maupun lembaga foundation.

bagikan

Leave a Comment