Pastinya banyak dari kita menginginkan mendapatkan beasiswa kuliah di universitas favorit setelah lulus SMA/SMK. Tapi untuk mendapatkan beasiswa tidaklah semudah yang kita bayangkan loh. Ada beberapa jenis persyaratan beasiswa Kuliah S1 untuk lulusan SMA/SMK yang harus kita penuhi agar bisa lolos dalam seleksi.

Lalu apa saja sih jenis persyaratan beasiswa Kuliah S1 untuk lulusan SMA/SMK yang harus kita penuhi? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini kami akan memberikan informasi tentang jenis persyaratan beasiswa yang harus kamu penuhi berikut ini.

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini merupakan sebuah beasiswa yang bertujuan untuk membantu biaya pendidikan siswa lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan keterbatasan ekonomi. Bantuan beasiswa ini merupakan program dari pemerintah untuk mendapatkan beasiswa selama 8 semester untuk D4 dan S1 dan untuk D3 selama 6 semester.

Untuk jenis persyaratan beasiswa umum dari program Bidikmisi adalah sebagai berikut :

  • Kamu adalah Siswa SMA atau sederajat yang memiliki nomor induk siswa negeri yang valid berdasarkan data di PDSK.
  • Usia maksimal pendaftar adalah 21 tahun
  • Memiliki kondisi ekonomi yang kurang mampu
  • Memiliki KIP ( Kartu Indonesia Pintar )
  • Pendapatan kedua orang tua suami istri maksimal per bulan Rp 4 juta
  • Pendidikan kedua orangtua maksimal S1 atau D4
  • Memiliki nilai akademik yang baik

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Ini adalah beasiswa yang bisa didapatkan ketika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa. Jika kamu sudah menjalani masa kuliah selama minimal 2 semester kamu bisa mengajukan beasiswa PPA ini. Beasiswa ini diadakan oleh Kemenristekdikti untuk mahasiswa D3, D4 dan S1 yang memenuhi beberapa persyaratan berikut :

  • Sudah menjadi mahasiswa S1 dan D4 selama minimal 2 semester dan maksimal 8 semester dan untuk D3 maksimal 4 semester
  • Membuat surat permohonan kepada rektor, ketua pimpinan dan direktur perguruan tinggi dengan memberikan lampiran fotokopi kartu tanda mahasiswa dan kartu rencana studi, fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran pbb orangtua atau wali, Fotokopi KK, surat pernytaan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain dan surat rekomendasi dari pimpinan jurusan atua fakultas

3. Beasiswa Atlet

Pernakah kamu mendengar dan mengetahui bahwa ada Beasiswa Atlet. Ini adalah beasiswa yang dikhusukan untuk kamu yang memiliki prestasi di bidang olahraga serta menempuh kiliah di program studi keolahragaan. Yang membedakan Beasiswa Atlet ini dengan 2 beasiswa sebelumnya, siswa tidak harus memiliki IPK tinggi, tetapi berdasarkan jumlah mendali yang pernah didapatkan.

Yang membedakan lagi dari tentang jenis persyaratan beasiswa atelet ini adalah tidak semua kampus memiliki beasiswa ini, karena hanya kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan saja yang memiliki jenis beasiswa ini. Di Indonesia LPTK hanya ada 12 kampus. Beasiswa ini juga ada pembatasan hanya 20 mahasiswa saja yang bisa mendapatkannya dari setiap kampus. Beasiswa atelet ini akan mendapatkan biaya kuliah gratis yang ditanggung pemerintah.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan untuk kamu yang sudah lulus sma atau sederajat dan masih bingung apa saja jenis persyaratan beasiswa yang bisa kamu ikuti. Semoga dengan adanya informasi ini kamu akan lebih memahami beasiswa yang bisa kamu pilih ada beasiswa bidikmisi, peningkatan prestasi akademik dan juga beasiswa atlet. Dan dari semua beasiswa diatas adalah beasiswa yang diadakan dan dibiayai oleh pemerintah.

bagikan

Leave a Comment