Setelah lulus SMA, anda akan memulai kehidupan baru diluar sekolah. Anda akan lebih dewasa dan dituntut harus menjadi dewasa untuk memilih langkah selanjutnya. Jadi, mana lebih baik antara Pilih Kerja atau Kuliah Setelah Lulus SMA?

Tentunya setiap orang berbeda dalam menentukan tujuan setelah lulus. Apakah lanjut pendidikan ke perguruan tinggi, atau kerja. Ini tidak bisa dijawab dengan langsung. Tiap orang punya pertimbangan masing masing.

Ada yang memutuskan untuk lanjut kuliah, ada juga yang memilih untuk bekerja bahkan menikah. Keputusan keputusan ini memang hak setiap pribadi. Untuk lebih jelas dan jadi bahan pertimbangan silahkan simak beberapa pertimbangan saat memilih Pilih Kerja atau Kuliah Setelah Lulus SMA di bawah ini.

Kuliah

Namun kadang kadang, ada hal yang membuat tujuan belum tentu tercapai. Kadang, ingin kuliah tapi tidak ada biaya. Mungkin jika alami situasi ini, mereka memutuskan untuk mengurungkan niat melanjutkan pendidikan, atau menunda sementara sambil mengumpulkan uang. Kondisi ini membuat mereka harus cari uang, bekerja.

Lagi lagi ini tidak mudah menjawabnya. Sebab kuliah harus punya biaya, untuk bayar semester, kos, beli buku dan biaya lainya. Kecuali jika anda berprestasi atau dapat beasiswa sehingga bisa kuliah gratis.

Jika ingin kuliah tak punya biaya, lebih baik anda tetap pertahankan keinginan itu. Sebab, kuliah adalah salah satu cara mendapatkan ilmu lebih luas, kesempatan lebih besar, karir lebih cerah di kemudian hari. Meski tidak ada jaminan pasti. Pendidikan adalah jalan untuk mendapatkan ilmu dan ilmu membuat kehidupan lebih baik. Jadi, tetaplah punya keinginan kuliah dan merealisasikannya suatu saat.

Dengan kuliah, anda dapat ijazah, dapat gelar sarjana yang bisa untuk bekerja dan berkarir. Ilmu di kuliah juga sangat berguna untuk bekal kehidupan diri, dan orang lain di masa depan.

Kerja

Namun, meski begitu pentingnya kuliah. Harus tetap realistis dengan kondisi. Bagaimana keuangan kita, sanggupkah nantinya membiayai diri selama menempuh pendidikan.

Maka, jika ingin kuliah tapi tak ada dana, hal yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan lebih dulu. Bisa bekerja, hasilnya ditabung untuk biaya kuliah nanti. Saat ini sudah banyak kelas kuliah untuk para pekerja, pendidikan  tidak pernah terlambat.

Selagi bekerja, gunakan waktu untuk hasilkan uang secukupnya untuk biaya kuliah nanti. Sambil cari pengalaman hidup dalam dunia kerja. Anda yang bekerja demi membiayai pendidikan, akan memiliki mental lebih matang, hati tegar karena sudah terbiasa bekerja keras. Pada giliranya nanti, ketika sudah berhasil kumpulkan uang dan kuliah, anda akan menjadi mahasiswa dan orang yang sudah matang mentalnya. Maka jadilah sarjana dan raih impian hasil jerih payah anda.

Kesimpulan

Apa kesimpulan terbaik? Apakah saya harus pilih Kerja atau Kuliah setelah lulus SMA? Bagi yang sudah mempersiapkan diri, biaya dan keperluan kuliah, berbahagialah. Karena tidak semua orang bisa seperti anda. Maka hal yang harus dilakukan adalah memanfaatkan kesempatan itu dengan berkuliah sungguh sungguh, belajar tekun dan usahakan kuliah selesai tepat waktu.

Karena jika asal asalan, meskipun gelar sarjana, tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan. Sukses itu rahasia Tuhan yang diupayakan dengan ketekunan. Yang bisa langsung kuliah setelah tamat SMA, harus belajar keras, jangan sia siakan kesempatan. Sebab banyak orang ingin seperti anda. Jangan sampai waktu kuliah terbuang sia sia hanya untuk eksistensi, sementara diluar sana ada yang rela bekerja siang malam demi ingin mengenyam pendidikan seperti anda.

Agar sukses ketika kuliah, aturlah waktu dan tempat belajar anda. Biasakan belajar setiap hari dan disiplin kerjakan tugas tugas, baru urusan lain. Dengan cara ini, anda berarti memanfaatkan kesempatan yang tidak semua orang bisa atau belum bisa mendapatkanya. Semoga bermanfaat.

bagikan

Leave a Comment