Kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian bagi banyak orang termasuk kalian. Dengan berkuliah di luar negeri tentu kalian akan mendapatkan standar pendidikan yang tinggi.

Selain itu kalian juga akan mendapatkan pengalaman internasional, dimana kalian akan bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai negara yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda satu sama lain.

Tapi apakah kalian tahu bagaimana cara mendaftar kuliah di luar negeri. Sebenarnya mendaftar kuliah di luar negeri tahapannya hampir sama dengan mendaftar kuliah di dalam negeri.

Ketika kalian mendaftar kuliah di luar negeri kalian akan melewati beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi, registrasi, mengajukan dokumen melalui aplikasi, mengikuti tes serta beberapa tahapan lainya.  

Bagi kalian yang masih bingung mengenai tahapan cara daftar kuliah di luar negeri, langsung saja simak informasi berikut ini.

Mempersiapkan Biaya

Tahapan cara daftar kuliah di luar negeri pertama jika ingin mendaftar kuliah di luar negeri adalah persiapan. Persiapan yang dimaksud ialah menyiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan masalah kuliah kalian di luar negeri. Dimana persiapan tersebut meliputi persiapan biaya yang digunakan untuk kuliah di luar negeri.

Kalian harus bisa menentukan apakah akan menggunakan biaya sendiri atau menggunakan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Jika memilih menggunakan beasiswa maka kalian harus mencari tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Tapi jika kalian ingin menggunakan biaya sendiri, tentu kalian harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Pasalnya untuk bisa kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Adapun persiapan lainya yang harus kalian lakukan yaitu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris ataupun bahasa yang digunakan di negara tempat kalian akan kuliah. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, kalian bisa mengikuti pelatihan ataupun kursus dari lembaga pelatihan yang terpercaya dan terbukti bagus.

Kemudian kalian juga harus menyiapkan berbagai dokumen yang digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri, dari mulai CV, surat rekomendasi dan juga dokumen penting lainnya.

Melengkapi Persyaratan

Setelah menyiapkan biaya, kemudian meningkatan kemampuan bahasa asing hingga menyiapkan dokumen penting yang diperlukan untuk mendaftar kuliah di luar negeri. Tahap selanjutnya kalian harus melengkapi persyaratan pendaftaran kuliah di luar negeri.

Biasanya setiap universitas atau perguruan tinggi yang ada di luar negeri akan meminta pelamar untuk melengkapi beberapa persyaratan tersebih dahulu. Sebelum nantinya ditentukan mana yang lolos atau diterima maupun yang tidak diterima kuliah di universitas tersebut.

Untuk bisa mengetahui persyaratan pendaftaran apa saja yang diperlukan, kalian bisa melihatnya di website masing-masing universitas atau perguruan tinggi yang kalian tuju. Dimana salah satu persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah harus memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Hal itu dibuktikan dengan dengan skor TOEFL atau IELTS.

Mengajukan Dokumen Melalui Aplikasi

Setelah menyiapkan segala keperluan dan juga telah melengkapi persyaratan yang diajukan oleh universitas atau perguruan tinggi yang dituju. Berikutnya kalian tinggal mengirim atau mengajukan dokumen persyaratan yang sudah lengkap ke pihak universitas atau perguruan tinggi yang dituju melalui aplikasi atau web.

Sebelum bisa mengirim dokumen melalui aplikasi, biasanya kalian akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Pada saat melakukan pendaftaran, kalian akan dikenakan biaya pendaftaran.

Jika proses pembuatan akun dan pendaftaran telah selesai nantinya kalian akan mendapatkan notifikasi atau konfirmasi melalui email untuk melakukan aktivasi akun. Jika akun kalian sudah aktif langsung saja unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan lalu kirim dokumen tersebut ke pihak universitas atau perguruan tinggi yang kalian tuju melalui aplikasi.

Itulah beberapa tahapan pada cara daftar kuliah di luar negeri yang mudah dan harus kalian pahami ketika serius untuk kuliah di luar negeri.

bagikan

Leave a Comment